Kamis, 24 Maret 2016

Bersihin kerak Piston f1zr

Bersihin kerak Piston

Kemaren aku mencoba bongkar mesin F1ZR itupun harus tanya sana sini dulu (mekanik), cukup kawatir juga takut mesin jadi ngadat, awalnya sih pingin tahu seperti apa yang namanya piston.. akhirnya bermodal keberanian aku bongkar juga.. tujuannya sih untuk ngebersihin kerak yang nempel di piston kata temenku yang jadi mekanik dibengkel, kalau terlalu banyak kerak, motor jadi mrebet karena pembakaran kurang sempurna, jadinya harus rajin diservice, nah berhubung cara bongkar dan pasangnya tidak terllau sulit ya aku coba kerjain sendiri itung-itung belajar service motor sendiri.

Maksud hati pingin aku korek ini motor, waktu temen mekanik bilang "kalau korek harian bahan bakar boros, mending suntik piston aja, lari motor ngacir bensin tidak boros". aku baru paham kalau suntik piston itu membuat lubang angin tambahan di blok mesin, tapi saat ini aku belum ada niat untuk oprek mesin, maklum masih ada kendala KANKER (kantong kering ha..ha.ha) .

Lanjut masalah tadi tentang bersihin kerak piston (seher). ini blok mesin F1ZR


Langkah pertama copot kabel busi, lalu kendurkan baut kearah kiri :


Lalu copot pelan-pelan bloknya, kalau susah copotnya getok dengan palu atau benda lainya secara pelan-pelan sampai blok mesin keliatan renggang, kalu sudah bisa di copot tinggal ngebersihin kotoran yang ada di blok mesin sama di kepala seher/piston, sebaiknya waktu ngebersihin kerak pakai amplas yang halus agar tidak terjadi goresan di piston dan di blok mesin.


sampe hitam legam warna piston karena sudah banyak kerak, untuk ngebersihin aku pakai sikat gigi campur bensin agar kotoran bisa rontok, lalu baru aku amplas biar keliatan bersih



kalau sudah diyakinkan bersih, tinggal pasang lagi blok mesinnya, dan motor siap di tes apakah ada perbedaan gak... smriwing muantep motor tarikannya jadi enteng banget setelah kerak seher di bersihin... rekan-rekan mau mencoba sendiri?? silahkan, cuma modal kunci pas ukuran 12, sikat gigi, amplas halus, bensin atau minyak tanah.. udah bisa tune-up.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar